Senin, 06 Mei 2013

PEMANFAATAN MANGGIS

PEMANFAATAN MANGGIS
        Sejak lama telah diketahui bahwa manggis memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Manfaat manggis berpangkal pada kandungan kimia yang terdapat di bagian-bagian dari tanaman dan buah manggis. Beberapa manfaat manggis antara lain adalah sebagai berikut:
·        Manfaat akar manggis antara lain adalah sebagai berikut:
a.     Mengatasi haid yang tidak teratur. Air rebusan akar manggis kerap digunakan untuk mengatasi haid yang tidak teratur.
b.     Obat disentri
Caranya: 20gram akar manggis dicuci dan dipotong-potong,direbus dengan 3 gelas air hingga airnya tinggal setengahnya,didinginkan dan disaring.Hasil saringannya ditambah madu 1 sendok teh, diminum 3 kali sehari.
·         Manfaat daun manggis
a.     Ekstrak daun muda dengan dosis 500,1000,1500mg/kg BB, menunjukkan efek pada janin (fetus) muncit bunting,berupa penurunan berat badan,terjadinya pendarahan.
b.     Teh yang dibuat dari daun manggis digunakan untuk pereda demam dan gangguan kencing.
c.      Di Malaysia, cairan ekstrak dari daun manggis digunakan sebagai bahan salep untuk menyembuhkan luka karena disunat.
·           Manfaat kulit manggis
a.     Hasil studi farmakologi dan biokimia menunjukkan bahwa mangostin secara secara kompetitif menghambat tidak hanya reseptor histamine H, mediator kontraksi otot lunak tetapi juga epiramin yang membangun tempat reseptor H1, pada sel otot lunak secara utuh
b.     Rebusan kulit buah manggis bermanfaat untuk obat desentri.
Cara: Kulit dari 2 buah manggis dicuci dan dipotong-potong direbus dengan 4 gelas air hingga volume air tinggal 1/2nya. Setelah dingin,disaring ditambah madu seperlunya.Diminum 2 kali sehari,dosis 3/4 gelas
c.      Rebusan kulit buah manggis bermanfaat untuk obat sariawan
Cara: kulit dari 2 buah manggis,dicuci dan dipotong-potong,direbus dengan  3 gelas air hingga volume tinggal 1/2nya. Setelah dingin, disaring digunakan     untuk berkumur dan terus diminum 3-6 kali sehari, dosis 2 sendok makan.
d.      Ekstrak manggis di sejumlah Negara Asia Tenggara secara tradisional      manggis sudah dimanfaatkan untuk mengobati cystitis dan gonorrhea
e.      Kulit buah manggis bias dibuat lotion penyegar kulit.
f.       Tumbukan kulit buah manggis bila dioleskan pada tangkai manggar (seludang) kelapa yang akan disadap merangsang keluarnya cairan nira lebih banyak.
g.     Kulit buah mengandung zat kimia yang bersifat antibiatik (xanthonin) dan dapat pula digunakan sebagai bahan membuat cat antikarat (cat berwarna hitam yang tahan cuci)
·        Manfaat daging manggis
a.     Dari segi flavor, buah manggis cukup potensial untuk dibuat sari jus
b.     Jus manggis juga telah banyak dipasarkan dan dipromosikan efektif untuk mengatasi arthritis, kanker dan gangguan kesehatan lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar